Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web yang terdiri dari Periklanan, Penjualan Online, Lelang, dan lain-lainnya
Apakah
dampak ekonomi dari pengaruh web yang terdiri dari periklanan, penjualan
online, lelang dan hal semacamnya?
Apa itu iklan?
"Iklan adalah komunikasi non
personal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang
produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat iklan yang
terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada
khalayak ramai.
Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak
banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang
ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai
barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti kran dan majalah
atau di tempat-tempat umum.
Beberapa
dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain:
1. Dampak
terhadap produk
Kepercayaan
terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya
harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.
2. Dampak
terhadap Media
Media
akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melaluibiro iklan) memesan ruang
dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan
tentang produknya.
3. Dampak
terhadap Perusahaan.
Dengan
periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya,
kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan,
perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.
4. Dampak
terhadap para pesaing
Dengan
adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha
memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
5. Dampak
terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.
6. Dampak
terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis
apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama.
Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
7. Dampak
kepentingan Produksi Massal.
8. Dampak
Terhadap Nilai suatu Produk
Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai
suatu produk karena :
a. Periklanan dapat
memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu.
b. Periklanan dapat menambah
nilai yang lebih positip .
c. Menambah nilai ekonomi
untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen
9. Dampak
pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah
penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.
Apa itu Penjualan Online?
Penjualan online
adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai
menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang
didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan
internet.
Pengaruhnya:
- Para produsen maupun
konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online
sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar negara.
- Seseorang lebih mudah
untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via
online.
- Kemajuan teknologi akan
meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi.
Pemasaran
Online
Pengertian pemasaran online
dengan kata yang cukup mudah, adalah strategi atau metode untuk mengenalkan
konsumen/publik dengan brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran
online atau disebut juga sebagai internet marketing atau sebagian orang
menyebutnya iklan online. Dalam hal ini medium yang kita pakai adalah internet.
Hal yang paling sederhana yang harus diingat adalah, bagaimana berinovasi terus
menerus agar produk/jasa anda dapat lebih mudah ditemukan di internet.
Apa itu Pencarian?
Mungkin
yang dimaksud disini adalah sikap pencarian dalam hal teknologi seperti perilaku Sosial dalam dunia
maya.
Perilaku Pencarian
Perilaku Pencarian
Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam
pemanfaatan situs.
dengan
adanya IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web
tersebut menarik perhatian masyarakat, contohnya seseorang yang sering
mengakakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena
tergiur oleh harga yang lebih murah.
Web mempengaruhi perilaku sosial
Web mempengaruhi perilaku sosial
Ada
dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan.
Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan.
Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5.
Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Auctioning
dalam pencarian dan online auctions
"Auctioning
yang berarti melelang dan auctions adalah lelang"
Lelang Online
Harga
yang ditawarkan dalam hal ini justru semakin naik, yang ditawarkan oleh
calon-calon pembeli yang berminat terhadap barang tersebut. lelang bisa
digunakan sebagai sebuah bisnis.
Keuntungan - keuntungan
antara lain sebagai berikut :
1.
Tidak Terbatas oleh Waktu.
Dengan
lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari
dan 7 hari seminggu.
2.
Tidak Terbatas oleh Tempat.
Anda
tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda,
karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya
selama tempat tersebut terjangkau Internet.
3.
Jumlah Penawar yang Besar.
Lelang
online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia
berpartisipasi.
4.
Jumlah Penjual yang Besar.
Dengan
adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang
barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan
pada website yang bersangkutan.
5.
Jaringan Ekonomi.
Hal
ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan
sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.
Sumber:
http://decembermel.blogspot.co.id/2014/06/ekonomi-web.html?m=1
Komentar
Posting Komentar